Rongga

Bunga Mungil Di Dalam Ompreng


bunga-mungil-di-dalam-ompreng

Dalam kesempatan ini kita akan membahas salah satu karya dengan warna hitam putih ini dengan ukuran  mungil yang berjudul "Bunga Mungil Di Dalam ompreng'.Yang menarik karya lukisan ini bahan dasarnya terbuat dari bahan logam,yaitu bekas wadah untuk mencampur pasir semen yang bisa kita beli dari toko bangunan. Kalau di tempat saya dinamakan ompreng bahannya dari seng yang dibentuk mirip nampan, gunanya untuk memudahkan membawa adonan campuran pasir, semen dan air untuk keperluan  membangun rumah. Bahan lainnya seperti benang bol atau benang tukang gunanya untuk membentuk garis pembatas suatu objek.

Kenapa saya memberi judul lukisan ini "Bunga Mungil Di Dalam Ompreng" dan kenapa lukisan bunga tidak memakai warna cerah atau banyak warna? Ceritanya begini waktu itu saya berencana mengadakan pameran lukisan bersama dua orang teman di sebuah tempat berlokasi di Sanur, bertemakan "Hitam Putih". Dimana peserta harus menyiapkan karya dengan warna hitam dan putih saja, biar selaras dengan judul tema pameran tersebut. Pada waktu itu kebetulan putri/anak sulung kami baru berumur tiga bulan, sedang lucu-lucunya timbul ide untuk membuat lukisan bunga yang berukuran mungil sebagai kado buat anak saya yang pertama, dikategorikan dalam dua dimensional.

Bagaimana dengan segi teknik pembuatan karya ini?
Ompreng sebagai media pengganti kanvas ini kita cat terlebih dahulu dengan cat dasar tahan karat, yang biasa kita kenal dengan cat Epoxy yang tak asing lagi untuk para bengkel, cat jenis Epoxy biasa untuk dasar cat untuk logam seperti, mobil, motor juga bahan-bahan dari besi/logam yang gampang berkarat.

Tahap berikutnya dengan menutupi bahan logam/ompreng tadi dengan adonan serbuk gergajian bercampur dengan lem  dengan jenis pvac dicampur air secukupnya, dan diusapkan sampai rata di atas permukaan ompreng sampai menunggu kering. Dilanjutkan dengan pemberian cat dasar putih untuklandasan cat yang akan kita gunakan di tahap berikutnya
.
Setelah melewati tahapan pemberian cat dasar, baru kita pasang elemen-elemen pendukung terutama benang dan lainnya kita pasang dengan cara dilem pada landasan karya yang terbuat dari ompreng tadi, Pastikan pemasangan bahan pendukung tadi benar-benar kuat jangan sampai gampang terkelupas di kemudian hari.

Judul       : Bunga Mungil Di Dalam Ompreng
Ukuran   : 70cm x 50cm
Bahan    : Mixed Media
Tahun     : 2009

Dalam teknik pewarnaan pada karya menggunakan warna jenis Akrilik untuk melapisi warna dasarnya dengan penerapannya secara pelakat. Kemudian penyelesaiannya dengan teknik sapuan kuas kering untuk membiarkan bagian-bagian dari bidang yang sengaja di biarkan tidak terkena warna dari kuas yang disapukan, Penekanan warna pada objek utama dengan warna padat yaitu dengan memblok elemen benang biar jelas, sebagai kontur garis yang membentuk bagian obyek gambar bunga di atas.

Baca juga: 
Karya lukisan sebagai cindramata buat putra, anak kedua kami.

Nah...sebagai kesimpulan dalam membaca uraian dari penjelasan karya lukisan  ini, dalam berkarya kita tidak terpaku pada bahan yang konvesional saja, jadi kreativitas adalah jawaban  dalam menemukan terobosan-terobosan baru dalam menunjang aktifitas dalam menuangkan ide-ide dalam sebuah media. Dan berikutnya saya tuliskan catatan dari karya ini.

Demikianlah uraian singkat saya dalam memaparkan proses terciptanya karya ini, atas segala kekurangan sudilah kiranya sobat sekalian untuk berkenan memberikan masukan atau kementar pada kolom di bawah untuk sangat berguna bagi proses saya selanjutnya dan jangan pernah kapok untuk mampir di sini, mari terus berkarya.

Related Posts

Wayan Danu Admin dalam kesehariannya sebagai seorang pekerja seni dan meluangkan waktu sedikit untuk belajar menulis.

Belum ada Komentar untuk "Bunga Mungil Di Dalam Ompreng"

Posting Komentar